Chrisrico.org Default Beberapa Manfaat Temulawak dan Efek Sampingnya

Beberapa Manfaat Temulawak dan Efek Sampingnya


Beberapa Manfaat Temulawak dan Efek Sampingnya

Temulawak merupakan tumbuhan yang cukup mudah didapatkan di berbagai daerah yang kaya akan manfaat temulawak. Umumnya, tumbuhan yang satu ini digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan hingga jamu. Ada banyak kandungan yang ada di dalam temulawak sehingga tanaman ini dijadikan sebagai obat herbal sampai saat ini. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat temulawak dan efek sampingnya yang bisa ditimbulkan? Agar tidak penasaran simak dahulu beberapa manfaatnya di bawah ini:

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Temulawak sampai saat ini sering digunakan sebagai obat untuk menjaga kesehatan seseorang. Tak hanya itu, temulawak juga sering digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dengan cukup efektif. Terdapat kandungan kurkumin yang dapat menyembuhkan luka pada dinding lambung, membersihkan organ usus, membunuh bakteri jahat di usus, hingga dapat merangsang nafsu makan seseorang.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Perlu Anda ketahui bahwa temulawak juga digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut tak lain karena adanya zat flavonoid yang bisa mencegah sel kanker untuk menyebar ke seluruh tubuh. Zat flavonoid tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga tidak akan berkembang lebih jauh.

  1. Sebagai anti bakteri tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari temulawak adalah sebagai anti bakteri pada tubuh. Diantaranya seperti bakteri Stapilloccus hingga Salmonella yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi. Kandungan saponin yang ada dalam temulawak dapat dijadikan sebagai zat anti bakteri yang efektif dalam membasmi bakteri maupun jamur di dalam tubuh.Beberapa Manfaat Temulawak dan Efek Sampingnya

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya itu, manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari temulawak adalah sebagai penurun kadar kolesterol jahat. Yang mana kolesterol tersebut bisa memicu pertumbuhan penyakit yang berbahaya seperti jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan saponin yang merangsang tubuh untuk menyerap kadar lemak baik serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

Berbagai manfaat yang sudah disebutkan di atas bisa Anda dapatkan dari temulawak. Walaupun mempunyai berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan tentu saja dapat menyebabkan efek samping. Meski dibuat dari bahan alami, tidak menutup kemungkinan pula tumbuhan ini bisa memberikan efek samping seperti mual atau muntah. Terlebih saat Anda tidak menyukai rasanya.